Jadikan Pancasila sebagai Remote Control Kita


Kali ini ane mau bahas tentang Pancasila. Mungking sebagian besar orang bakalan gak tertarik dengan topik kali ini. Namun ane akan buat ini topik menjadi topik yang cukup menarik agar agan agan semua betah baca ni artikel. Mubazir kan kalau gak dibaca sama agan agan nanti, hehe.

Banyak dari orang orang menganggap Pancasila hanya sebagai tempelan dari Bangsa Indonesia. Masih banyak orang yang tidak menganggap kalau Pancasila adalah suatu ideologi bangsa yang super penting banget. Tidak sedikit juga yang cuma menempelkan Pancasila di dinding cuma sebagai hiasan di sebelah foto pesiden dan wakilnya. Namun belum menghayati setiap nilai nilai dari Pancasila itu sendiri. Padahal asal kalian tau aja para pahlawan kita dulu ini pusing pusing mikirin nih dasar negara. Coba deh kalian bayangin aja, kenapa mereka gak ngelawan tuh bule aja dari pada rapat buang buang waktu untuk ngebuat dasar negara yang saat ini dianggap kurang penting. Kan kalau pakai logika kan mendingan langsung ikut tempur aja ya pake bambu runcing, daripada buang buang waktu buat rapat yang lamaaaaaaaa banget. Kalaupun alasannya ingin merdeka, kenapa gak cuma kasih woro woro aja kalau Indonesia ini udah merdeka. Ngapain juga harus bikin Pancasila. Toh, negara negara lain juga gak bikin Pancasila.

Namun para pemimpin kita itu bijaksana, mereka rela pusing pusing bikin Pancasila sampai sampai harus rapat berkali kali untuk menemukan ke-5 sila yang ada saat ini. Udah banyak yang diusulin, namun mereka gak asal nerima aja. Mereka juga memikirkan masa depan bangsa jika Pancasila ini dibentuk. Menurut ane ini Pancasila dibentuk agar para penduduk Indonesia ini mempunyai tujuan ketika mereka tinggal di negara Indonesia tercinta ini. Coba kita bahas satu satu yaa...

1. Ketuhanan Yang Maha Esa

Pertama Ketuhanan Yang Maha Esa. Menurut ane ini bener bener harus ditaruh di nomor 1. Secara ini berhubungan dengan Tuhan. Ane bener bener akui kepintaran pahlawan pahlawan kita dulu. Dalam sila pertama ini jelas jelas kita harus taat kepada Tuhan yang telah menciptakan kita. Bangsa Indonesia sejatinya tidak boleh Atheis (tidak beragama), karena itu sudah bertolak belakang dengan Pancasila sila pertama ini. Para pahlawan menyuruh agar kita taat kepada Tuhan supaya tidak ada yang bisa menghentikan Tuhan. Ingat kata kata, "man jadda wa jadda" yang artinya jika Tuhan berkehendak maka itu akan terjadi! Jadi kita tidak boleh meremehkan Tuhan kita.

2. Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab

Lalu sila kedua. Kata guru ane sila ini berarti kita harus "memanusiakan manusia". Nah, apa itu artinya? Maksudnya itu adalah kita tidak boleh membedakan orang. Misalnya ada orang keturunan Cina di negara kita. Kita tak boleh mengolok ngolok tuh orang. Kan kasian juga orang itu. Terus kalau misalnya ada bule dari Belanda. Tiba tiba lu bunuh dia pake bambu runcing -_- kan gak mungkin banget ya? Makanya itu di Indonesia kita diajari untuk memanusiakan manusia. Penyiksaan, pembunuhan, pembulian itu sebenarnya sudah melenceng dari sila kedua ini. Kan bangsa Indonesia juga dikenal dengan bangsa yang ramah dan hangat. Jadi sebaiknya kita bener bener mengamalkan ini, jangan sampai kita melenceng dari nih sila.

3. Persatuan Indonesia

Di sila ini kita diharuskan untuk bersatu antar setiap orang. Mementingkan kepentingan golongan daripada kepentingan pribadi. Ini juga seperti yang dilakukan pahlawan kita. Mereka rela pusing pusing mikirin dasar negara yang cocok bagi bangsa kita. Kalau mereka mentingin kepentingan pribadi kan gak mungkin mereka repot repot pakai rapat segala. Langsung aja Pak Karno menyatakan kemerdekaan terus bacaiin Pancasila versi dia sendiri. Namun, Pak Karno dan rekan rekanny ini begitu bijak, dia dengan sabarnya menyusun Pancasila agar cocok dengan kepribadian bangsa Indonesia. Kita juga tidak boleh membedabedakan suku. Kan disini kita harus bersatu, walaupun suku di Indonesia ada 100 bahkan lebih kita harus bisa bersatu demi kesatuan bangsa Indonesia ini, kita harus bisa mempertahankannya.

4. Kerakyatan Yang Dipimpin oleh Hikmat Kebikjasanaan dalam Permusyawaratan dan Perwakilan

Di sila ini kita jelaskan kalau kita mempunyai hak dan kewajiban yang sama. Tidak ada perbedaan, yang dulu mantan napi ataupun orang Indonesia yang lagi diluar negeri, mereka tetap diakui oleh negara kita, dan juga dilindungi pastinya. Disini maskutnya Indonesia itu dipimpin oleh pemimpin yang bijaksana. Setiap masalah sebaiknya kita melakukan musyawarah agar tidak ada masalah lagi yang muncul di belakang dan bisa diterima oleh semua orang. Itulah sebabnya kita mengadakan pemilu untuk memilih seorang pemimpin. Agar semua orang dapat memilih siapa yang baik untuk memimpin negara kita.

5. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Karena semua warga Indonesia mempunyai hak dan kewajiban yang sama, maka sebaiknya kita tidak harus saling iri kepada orang yang kalian anggap punya segalanya. Itu semua terjadi karena mereka telah berusaha, mungkin kalian sudah berusaha dan belum beruntung mungkin kalian belum waktunya untuk sukses. Kita ada orang kaya, agar orang miskin mau berusaha dan berjuang untuk menjadi kaya dan merasakan enaknya jadi orang kaya. Kita juga ada orang miskin, agar orang kaya punya kesadaran untuk membantu sesamanya. Hak dan kewajiban orang miskin dan kaya itu sama di Indonesia.

Nah, begitulah isi dari Pancasila menurut ane. Bagus banget kan isinya? Nyeselkan kalian gak mempelajarinya dari dulu? Jadikan Pancasila ini sebagai remote control dalam hidupmu. Para tokoh bangsa kita udah membuat ini dengan susah payah. Kita yang hanya tinggal mengamalkannya aja kok ogah ogahan. Kita juga bisa tunjukkan kepada dunia kalau Pancasila itu KEREN. Mereka kan gak punya Pancasila, tunjukan kalau Pancasila bisa bikin negara menjadi negara yang paling keren yang pernah ada. Buatlah mereka iri dengan suatu kelebihan kita. Emang kita dalam ekonomi kita gak bisa begitu dibanggakan, namun dalam hal moral kita harus menjadi nomor 1 di antara negara negara di dunia yang ada!

So, gitu aja dari ane. Semoga postingan ini bermanfaat bagi kalian semua. Bye..

0 komentar:

Posting Komentar

 

Twitter

About

Hi, we are cubics. We are Xcube's members. Xcube is the name of our class. We love Xcube, and we will spread our love to world. xoxoxo

"Don't fall in love, because anything that falls, is broken"